Edited by Bang Jun 

Assalamualaikum wr wb 

Berhubung mendekati masuknya Tahun baru islam, MCR ulas Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Islam dan sedikit MCR ulas sejarah singkatnya. Semoga dengan semakin banyaknya yang mengulas Tahun Baru Islam ini tidak mengalahkan semarak tahun baru Masehi. Dan tentunya dengan besar harapan MCR membawa manfaat untuk kita bersama dan semoga ALLAH SWT Meridhoi kita amin.


Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam Tahun Baru Islam (Hijrah). Karena merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam dan untuk menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. Dari kota yang diberkahi yakni, Kota MAKKAH AL Mubarokah ke Kota Madinah Ar Rasul, pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Adapun Tahun Hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

Perhitungan kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah S.A.W. Namun perhitungan Kalender ini baru dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu, Umar al-Faruq R.A. Yang kemudian ada beberapa saran dari para sahabat untuk penetapan tanggal bagi Madinah ketika itu, ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, ada yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul tetapi pandangan yang menyarankan awal tanggal Islam pada tanggal hijrah Nabi SAW seperti yang telah disebutkan diatas.

Dan penetapan pada hijrah Nabi SAW ini adalah untuk mengenang betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam yang mana pertama kali dalam sejarah Islam seorang nabi dan rasul membentuk pemerintah dengan segala kesulitan dan berhasil membuat hubungan diplomatik dengan beberapa negara serta menyampaikan dakwah Islam secara global sehingga Islam tersebar ke segala penjuru dunia.

Dan pada dasarnya, bulan muharam membawa maksud ‘diharamkan’ atau ‘dipantang’, yaitu, Allah SWT melarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Tapi kemudian larangan ini ditamatkan setelah pembukaan Makkah, lihat (QS_Al Baqarah: 91). Sejak pemansuhan itu, umat Islam boleh melaksanakan tugas dan ibadah harian tanpa terikat lagi dengan larangan yang bersangkutan.

Berikut peristiwa-peristiwa penting pada bulan muharram :

1 Muharam, Khalifah Umar Bin Khattab mulai membuat penetapan bulan dalam Hijriyah.

10 Muharam, Dinamakan juga hari ‘Asyura’. Karena pada hari tersebut banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi perjuangan yang gigih dan tabah bagi menegakkan keadilah dan kebenaran.

Dan pada 10 Muharam juga telah berlaku :

* Nabi Adam bertaubat kepada Allah.

* Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.

* Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.

* Nabi Ibrahim telah diselamatkan oleh Allah dari peristiwa pembakaran oleh Raja Namrud.

* Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.

* Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.

* Penglihatan Nabi Ya'kub yang kabur dipulihkkan Allah.

* Nabi Ayub telah dipulihkan oleh Allah dari penyakit kulit yang dideritainya.

* Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan Nun setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.

* Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentara Fir'aun.

* Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.

* Nabi Sulaiman dikaruniakan Allah kerajaan yang besar.

* Hari pertama Allah menciptakan alam.

* Hari Pertama Allah menurunkan rahmat.

* Hari pertama Allah menurunkan hujan.

* Allah menjadikan ‘Arasy.

* Allah menjadikan Luh Mahfuz.

* Allah menjadikan alam.

* Allah menjadikan Malaikat Jibril.

* Nabi Isa diangkat ke langit.

Baiklah sahabat MCR, setelah kita menyimak peristiwa diatas. Inilah Doa Akhir dan Awal tahun :

* DOA AKHIR & AWAL TAHUN *
Doa Akhir & Awal Tahun

Terjemahan Doa Akhir Dan Awal Tahun

Alhamdulillah Segala Puji Hanya Milik Allah. Tak ada satupun makhluk yang menandingi Kuasa-Nya.

Demikianlah para sahabat MCR yang budiman dan selalu setia membaca blog ini. Semoga Dalam akhir Tahun ini menjadi akhir juga dari kita untuk berbuat maksiat kepada ALLAH SWT dan Awal Tahun Ini Menjadikan kita semakin Cinta dan Taat kepada ALLAH SWT. Tiada yang lebih baik lagi kecuali mendapat keampunan dan keridhoan ALLAH SWT . 

Akhir kata, Sumur di desa airnya jernih, Buat menyiram si pohon tomat. Umur tersisa akhir memilih, Untuk gunakan memohon taubat.

Wassalamualaikum wr wb.

Post a Comment