Doc. Oleh MCR

Assalamu'alaikum wr wb

Sahabat MCR yang di Rahmati ALLAH, Kali ini MCR akan berbagi ulasan yang mana ulasan ini MCR dapatkan sewaktu menghadiri Haul Sultonul Auliya' SAYYIDINA AL  USTADZIL A'DZOM AL IMAM AL FAQIHIL  MUQODDAM MUHAMMAD BIN ALI BA'ALAWY pada tanggal 7 Oktober 2018 di Ponpes Nurut Tauhid yang di Pimpin Oleh Al Habib Syech Mulachela.

Dari sekian banyak Ceramah yang ada untuk menambah keimanan, kataqwaan serta menambah kecintaan kepada ALLAH SWT  dan Rasulnya Muhammad S.A.W, untuk menasehati kita yang hadir pada kesempatan itu, Hanya Ceramah yang disampaikan oleh Al Habib Abdul Qadir Bin Umar Mauladdawilah yang akan MCR sampaikan, dikarenakan keterbatasan MCR dalam menghafal segala ilmu yang disampaikan oleh para habaib yang hadir. Oleh karena itu sebelum MCR lanjutkan kepada pembahasan ini terlebih dahulu MCR minta Maaf minta Ridho, dan mohon untuk dikoreksi jika ada kesalahan.

Doc. Oleh MCR


Salah satu yang membuat Al-Habib Ali al-Habsyi R.A menjadi besar maqom beliau adalah kuatnya kebaktian serta hormat Beliau R.A kepada sang ibu, bahkan beliau tidak merasa memiliki harta ataupun barang yang berharga selagi ibu beliau masih hidup padahal Al-Habib Ali al-Habsyi R.A memiliki harta yang barokah dan melimpah, semua yang beliau miliki di manfaatkan untuk membuat sang ibu ridho dan gembira.

Al-Habib Ali al-Habsyi RA berkata : "Aku tidak merasa memiliki sesuatu atau merasa mempunyai hak atas diriku selagi ibu masih hidup, karena yang aku miliki semuanya adalah milik ibuku."

Suatu pelajaran yang berharga, di zaman ini banyak anak-anak yang sangat pelit terhadap orang tuanya dan merasa berat jika ingin memberikan sebagian uangnya atau sesuatu, tapi jika ia memberi teman dekat atau istrinya ia tanpa perhitungan.

Maka ketahuilah bahwa apa yang kita berikan kepada orang tua adalah hutang yang akan Allah SWT bayar berlipat ganda apalagi ketika orang tua kita telah tiada.

Bahkan Allah SWT akan mempersiapkan anak-anak kita yang akan berbakti pada kita

‎البِرُّ سَلَف

Berbakti itu adalah laksana hutang

‎كَمَا تَدِينُ تُدَان

Sebagaimana engkau mengutangi maka dengan hal itu engkau akan di bayar.


Jikalau memberi hutang kebaikan maka akan di bayar kebaikan yang lebih. Jikalau engkau meberikan kejelekan pada orang tua maka hutang kejelekan dan rasa bahil itu akan di bayarkan padamu oleh anak-anakmu.


Dan apakah kita tidak takut di masa kita tua dan lemah serta tidak mampu melakukan apa apa, kemudian datang anak anak kita dengan sifat yang jelek dan mencemoohkan kita, tidak mau merawat dan meleyani kita, tidak mau memberikan sedikit uangnya pada kita yang lemah dan sangat perlu bantuan, atau tidak kah kita takut jika anak anak kita memberi kita uang yang sangat sedikit dan dengan lisan yang selalu mencela kita dan mengatai kepada kita.


Yakinlah, Kebahagian anda dunia akhirat atas kadar memasrahkannya semua yang kita miliki pada orang tua, maka atas kadar itu juga derajat kita di sisi Allah SWT.

Al-Habib Ali al-Habsyi R.A memasrahkan jiwa dan raganya untuk sang ibu, beliau berkata : "Jika ibuku membawaku kepasar dan berkata ini adalah budak ku dan aku akan menjualnya.. maka aku ( kata Al Habib Ali RA) tidak akan memungkiri di depan orang klo aku adalah budaknya.

Pada Suatu Kisah yang lain, diceritakan pula ada seorang yang dalam kesusahan ekonomi datang kepada Al Habib Sholeh Bin Muhsin Al hamid atau beliau sering disebut Habib Sholeh Tanggul di Jember, orang tersebut mengeluhkan tentang ke adaanya yang terhimpit ekonomi, ya habib saya sedang dalam keadaan susah, usaha saya berantakan dan ekonomi saya terhimpit. Kemudian Habib Sholeh Tanggul bertanya; apakah ibumu masih ada ? Orang tersebut menjawab; Masih ada ya Habib. Awas, Sukses dan Hancurmu ada pada ibumu, ingat bagaimana perlakuan engkau terhadap ibumu, jika engkau perlakukan ibumu seperti raja maka rejekimu akan engkau dapatkan sebagai raja.

Subhanallah begitu Luar biasa dampak yang kita dapat dari perlakuan kita kepada ibu kita, tergantung bagaimana cara kita apakah Memuliakannya atau malah sebaliknya.
   
Semoga kita selalu mendapat taufiq dan hidayah Allah agar menjadi orang yang akan selalu mencintai dan memuliakan ibu kita. Aamiin ya robbal 'alamin.

Demikanlah Ulasan MCR kali ini, sekali lagi MCR minta maaf dan minta Ridho atas segala kesalahan dan kekurang MCR. Sampai jumpa di ulasan berikutnya.

Akhirkata, Naik onta bayar seribu, mintalah do'a kepada ibu.

Wassalamu'alaikum wr wb.


Post a Comment